0
Iqballez - Jakarta - Tanya jawab konsultasi - Motor Honda CBR250R. Kenapa disaat saat saya memanaskan motor, motor mengeluarkan asap dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Padahal sebelumnya tidak menemui masalah apapun.

Setelah saya lihat check ada seperti bekas air pada saluran pembuangan knalpot dan di sekitar bawah radiator. Apakah itu mungkin berarti air radiator saya bocor? Tapi setelah diperiksa air radiatornya masih penuh.

Terima kasih
Alfian

Jawaban

Pak Alfian salam. Honda CBR250R mengeluarkan asap dapat terjadi karena beberapa kemungkinan diantaranya:

- Indikasi lainnya, air radiatornya ada yang bocor atau merembes, dan kemungkinan hal ini problemnya berada di sekitar area knalpot. Kebocoran ini menyebabkan airnya netes dan mengenai knalpot sehingga kebakar dan biasanya baunya cukup menyengat. Kalau Anda memeriksa air radiatornya masih penuh kemungkinan rembesannya sangat kecil jadi sebaiknya diperiksa lebih detail di bengkel resmi kepercayaan Anda
- Kemungkinan itu adalah uap air yang ada di dalam knalpot. Karena biasanya motor yang setelah di pakai jarak jauh, pada saat kondisi motor berhenti atau diam terjadi kelembaban udara di knalpot sehingga menimbulkan uap air, akhirnya pada saat pagi dipanaskan air tersebut terbakar oleh panasnya knalpot sehingga muncul asap hitam.

- Bau tak sedap bisa mungkin itu adalah bau dari komponen di dalam knalpot yaitu katalitic converter, dan hal itu normal karena memang kalau dicium baunya berasa tidak sedap, apalagi saat motor diam

Saran saya waktu memanaskan motor cukup tiga menit dan maksimal lima menit cukup sudah. Untuk motor tipe injeksi sesungguhnya tidak perlu dipanaskan langsung tanjap gas tidak akan ada masalah.

Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat. Andriyanto-Bintang Motor --


Post a Comment

 
Top