0
Iqballez - Otomotif Tips -Berkendara dengan motor gede atau moge tidak boleh asal-asalan. Seorang pengendara motor ber CC besar ini harus mempunyai skil mengendalikan motor yang lebih bagus dibanding dengan motor biasa.

Sumber, Sudarmono (29), pebalap Indonesia yang berasal dari Gunung kidul, Yogyakarta membagikan cara berkendara moge. Ungkap The Doctor-nya Yamaha Indonesia itu, naik moge itu wajib tahu tekniknya.

"Tekniknya itu kita dilarang ngelawan motor. Kita musti menyatu sama motornya. Agar lebih enjoy, jangan kaku," saran pebalap yang sering dipanggil dengan nama Momon pada parhelatan rack Day Komunitas Yamaha R-Series di Sentul, Sabtu (4/10/2014).

Menunggangi moge dan berjalan dengan kecepatan maksimal pasti membuat adrenalin naik keras. olehnya, menurut Momon, konsentrasi saat mengendaraai moge sangat perlu diperhatikan.

Tidak hanya itu, safety gear juga harus lengkap berawal dari kepala hingga kaki. "Yang pasti wajib ada perlengkapan standar. Ada semua dari helm sampai sepatu," kata pebalap yang mempunyai prestasi bejibun itu.

Keadaan motor juga turut andil dalam keselamatan berkendara. Mulai dari rem hingga ban wajib dicek. " jika cc besar tapi rem gak pakem pasti bahaya dong," ungkap Momon dengan santainya.

Pengenalan motor. Pengenalan itu harus banyak didalami lagi. Idenya pebalap yang menekuni hobinya sejak 2004 ini, moge harus mempunyai ban yang cengkraman ke aspalnya kuat. Tiap ban juga mempunyai panas ideal masing-masing. Olehnya, suhu ban motor harus disesuaikan. Ban pada kondisi dingin akan menyebabkan selip. Pengendara bisa saja terpeleset kalai kondisi ban dalam kondisi yang tidak ideal. "Ban wajib benar-benar ideal. Haram gundul," katanya

Cara menyesuaikan suhu ban?

Momon memberikan advice, sebelum menggeber moge dengan kecepatan maksimal, anda harus panaskan dulu suhu bannya. Panaskan suhu ban dengan berjalan pelan. Setelah beberapa menit berjalan pelan, barulah moge bisa dipacu semaksimal mungkin.

"Kalau di balap resmi itu ada pemanasan. Jadi kondisi motor bisa disesuaikan," terang Momon.
Tapi, jangan asal ngebut di jalan umum ya Otolovers. Kalau mau ngebut maksimal, ya di sirkuit resmi tempatnya. "Kencengnya di sirkuit, jangan di jalan raya," tutup Momon. 

Selain itu, posisi badan di motor juga menyumbang kenyamanan riders. "Posisi motor, setang dan posisi tubuh harus sempurna," jelas Momon.

--


Post a Comment

 
Top