0
Salah satu aspek penarik di kelas ini adalah konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, Auto Bild coba membandingkan konsumsi bahan bakar dari empat Compact MPV paling laris di Indonesia. Kami adu irit Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza Veloz, dan Nissan Grand Livina. Keempat mobil ini menggunakan mesin 1.500 cc dan transmisi otomatis. Yang berbeda, hanya Honda Mobilio RS menggunakan jenis CVT. Berita Otomotif - Bicara kelas Compact MPV, memang tiada habisnya. Kelas panas ini memang menjadi penguasa pasar otomotif Indonesia dengan meraih porsi pasar sebesar 40% lebih. 




Pada pengetesan pertama, mengambil rute dalam kota. Rute dalam kota sangat erat dengan konsumsi bahan bakar yang cenderung boros karena kemacetan dan kondisi stop and go. 

Berikut adalah hasil konsumsi bahan bakar masing-masing mobil. 

  • Honda Mobilio RS 14,8 km/l 
  • Suzuki Ertiga 14,4 km/l 
  • Toyota Avanza 12,5 km/l 
  • Nissan Grand Livina  13,2 km/l. 
  • Honda Mobilio 14,8 km/l. 

Iritnya konsumsi bahan bakar rute dalam kota ini disebabkan oleh transmisi CVT yang halus dalam menyalurkan tenaga mesin.

Untuk pengetesan rute tol, seluruh mobil dipatok di kecepatan rata-rata 80–100km/jam. Honda Mobilio RS mampu menorehkan 18,9 km/l, Suzuki Ertiga 19,2 km/l, Toyota Avanza 18,5 km/l, Nissan Grand Livina mampu 18,2 km/l. Yang menarik, kini Suzuki Ertiga menjadi yang paling irit dengan 19,2 km/l. Hal ini kemungkinan diakibatkan oleh penggunaan mesin baru kompresi tinggi yang memiliki torsi besar. Anda pilih yang mana? 

Post a Comment

 
Top