0
Iqballez -   All New Toyota Yaris di tanggal 24-26 April2014 seling lebih dari sebulan semenjak kemunculan perdananya di tanggal 17 Maret 2014, kemudian diuji coba oleh driver media nasional yang mengambil lokasi di Pulau Dewata Bali. waktu test drive yang bertemakan “Let The Fun Begin” itu, sekitar sepuluh mobil The All New Yaris disediakan pabrikan PT Toyota Astra Motor (TAM) untukpara  crew media agar bisa mengeksplorasi macam-macam kelebihan dan kelengkapan New Yaris  dibanding Old Yaris atau generasi sebelumnya.
 
Rasa “fun” yang tersirat pada model All New Yaris saat pandangan pertama langsung begitu menggoda. ditambah dengan suasana Pulau Bali yang kaya akan aktivitas dinamis dan lansekap yang indah, tidak sabar hati untuk segera mencicipi performa dan handlingnya mobil baru ini. Adalah All New Yaris yang disediakan utuk di jajal dari PT Toyota Astra Motor (TAM) versi TRD Sportivo dan Tipe G, baik transmisi otomatis maupun manual.
 

 Lalu, dengan perwajahan berubah total, mengapa mesin masih mengusung tipe sebelumnya berkode 1NZ-FE dengan 4-silinder 1.497cc? Menurut Dadi,” Mesin 1NZ-FE 1.500 cc tetap dipertahankan karena terbukti handal dan durable. Mesin ini sudah dikenal masyarakat sebagai ‘speedmaker and fuel saver’. Perbandingan bobot, tenaga, dan torsi juga masih cukup kendati dimensinya lebih besar. Selain itu, komponen suku cadangnya juga sudah banyak tersedia di pasar, jadi mudah dalam perawatannya.”

Sementara Takeshi Matsuda, Chief engineer Toyota Yaris 2014 di lain kesempatan mengatakan, “Soal ganti mesin, memang bahasan sulit bagi kami. Namun, kami ingin harga Yaris sangat kompetitif sehingga bisaterjangkau konsumen di indonesia. Solusinya, dengan penyempurnaan komponen, maka akselerasi, sistem pengereman, dan respon mesin akan lebih baik dari yang lama.”


Pada hari kedua, yang merupakan seharian penuh bercengkerama dengan All New Yaris, saya manfaatkan semaksimal mungkin performanya dengan langsung mengambil alih kemudi sejak berangkat dari Hotel The Stones di wilayah Kuta. Tujuan yang akan disambangi, Seniman Coffee Studio di wilayah Ubud. Cukup jauh dan bisa mencoba kelincahan All New Yaris dalam berbagai kondisi lalu-lintas.

Dari The Stones, laju All New Yaris TRD Sportivo warna putih bertransmisi otomatis yang saya kemudikan, sengaja diarahkan lebih dulu menuju Jalan Tol Bali Mandara yang berada di atas pesisir laut. Jalan tol yang masih kosong dari kendaraan lain, saya manfaatkan untuk menguras energi dan performa yang dimiliki All New Yaris.

 

Meski akselerasinya sedikit tertahan, akselerasi mesin 1NZ-FE berdaya maksimal 109hp pada 6.000rpm dengan torsi maksimum 141Nm pada 4.200rpm cukup untuk karakter pengendaraan sehari-hari. Namun, tetap butuh penyesuaian beberapa kali terhadap pedal gas yang sensitif, yang sering memberi sinyal ke ECU untuk memindahkan gear ke posisi lebih rendah untuk mendapatkan akselerasi lebih responsif.

Yang begitu berbeda, aspek ‘fun to drive’-nya lebih terakomodir. Pasalnya, tipikal handling All New Yaris kini juga berubah total. Gerakan bodi dan setirnya sekarang lebih ‘tajam’, stabil, dan minim limbung dibanding Yaris generasi sebelumnya. Jalanan menuju Ubud yang berkelok menjadi ajang pembuktian keandalan manuver All New Yaris ini.

Bahkan bisa dibilang, handling manuvernya tersebut menyerupai kelincahan sebuah kompetitor terdekatnya di segmen hatchback. Meski konsekuensinya, bantingan di bagian belakang terasa cukup keras.

 Hal ini cukup unik, mengingat dimensi All New Yaris yang bertambah dibanding model sebelumnya. Seperti panjang sumbu roda yang sebelumnya 2.460mm melar menjadi 2.550mm. Begitu juga panjang bodi yang tadinya 3.750mm bertambah menjadi 4.115mm. Tingkat aerodinamika juga lebih baik berkat pengurangan tinggi bodi dari 1.520mm menjadi 1.475mm.

Jalanan menuju Ubud pada hari kerja, ternyata juga dirundung kemacetan. Beruntung, interior kabin All New Yaris yang menghadirkan suasana jauh lebih nyaman dan senyap, bisa memupuskan rasa bosan akibat kemacetan yang mendera. Desain garis lembut pada panel instrumen depan menghadirkan suasana nyaman. Pesonanya makin menguat berkat aplikasi ornamen METAL LOOK pada instrumen panel yang terkesan lebih mewah dan elegan.
 


Fitur hiburan pada versi TRD Sportivo memang paling komplit. Perangkat head-unit sudah mengadopsi semua format hiburan audio-visual, fasilitas wifi, dan juga mendukung fungsi Toyota Move (menghubungkan diri dengan situs informasi dan hiburan favorit), Toyota Navigation (GPS), Touch Screen dan Air Gesture (kemudahan mengontrol fitur lewat layar sentuh dan gerakan tertentu di atas sensor)

Rasa percaya diri mengemudi All New Yaris bertambah kuat, berkat aplikasi fitur keselamatan aktif dan pasif yang kini disematkan. Seperti sepasang airbag di depan, ABS, EBD, BA, Pedestrian Protection, Point seat- belt dengan Pretensioner dan Force Limiter, serta Whiplash injury Lessening (WIL) yang mencegah cedera pada leher saat terjadi energi tumbukan.

All New Toyota Yaris dijual mulai dari harga Rp 219juta (Tipe E/MT) hingga yang termahal Tipe TRD Sportivo AT sebesar Rp 256juta.
-autocarindonesia-


Post a Comment

 
Top