Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menjelaskan secara detail bahwa mesin yang diusung memakai VVA (Variable Valves Actuation) dan hal inilah mempersilakan tim salah satu otomotif menguji NMAX di Sirkuit Sentul Bogor, pada hari Selasa (10/2).Seperti pada umumnya terdapat pada kendaraan baru, Scooter Yamaha NMAX tak memberikan kesan mengejutkan dengan desain yang serba tajam jujur saja ini terlihat biasa saja, namun desain itu memberikan kesan lain yaitu desain yang dinamis yang memberikan isyarat tarikan garisnya seperti menunjukkan pergerakan yang cepat, Diamnya saja tampak berlali.
Desain NMAX ini menerjemahkan konsep Active dan Comfort. Menggabungkan tiga kata kunci dalam desainnya yakni sporty, comfort dan Characteristic. Bahkan membawa desain lekukan “bumerang” di bagian fairing dan langsung menyihir berkat kerlingan LED pada lampu utama dan rem
Motor dengan Harga jual Yamaha NMAX Rp 27,4 juta (On the Road Jakarta) .
Berada di Skutik Yamaha NMAX yang berdimensi panjang 1.955 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.115 mm, terbilang bukanlah skutik mungil memerlukan postur tubuh yang lumayan tinggi, dan untuk ukuran tinggi 160 orang indonesia perlu sedikit jinjit ketika motor Yamaha ini berhenti.
Bahkan jarak sumbu roda disajikan 1.350 mm dan tinggi jok 765 mm (Honda PCX bersumbu roda 1.315 mm dan tinggi jok 759 mm). Adapun bobot NMAX lebih ringan 2 kg dari PCX yang memiliki bobot 129 kg (terisi bensin, oli, air radiator).
Posisi kaki berkendara NMAX disuguhkan dua pilihan. Cukup luas untuk penampang kakinya untuk dibawa selonjor dan menekuk.
Membuka gas NMAX kami dapati cukup ringan dan santun. Tak ada sentakan agresif pada pergerakan CVT. Tenaga 14,8 hp dan torsi 14,4 Nm yang diusung adalah jinak dan konstan mengantarkan pengendara menorehkan angka di speedometer digital hingga 111 kpj.
Tak ada kesan mesin masih dingin saat kami membawanya ( menjadi yang pertama mendapat giliran mencobanya). Ternyata sistem bypass valve termostat pada radiator langsung “menghangatkan” mesin untuk segera optimal. Saat mesin sudah mencapai suhu optimal, kinerja bypass valve termostat akan diambil alih oleh radiator.
VVA yang diandalkan pada mesin NMAX menjadi senjata optimal agar performa selalu merata di tiap putaran mesin. Sebab terdapat kem low yang akan membuat NMAX berakselerasi di bawah 6.000 rpm. Sedangkan kem high akan mempertahankan seluruh tenaga dan torsi tetap optimal saat mesin menjerit di atas 6.000 rpm.
Hal tersebut kami dapati saat mencoba bermain di tikungan Sentul, saat menutup gas untuk masuk dan kembali membuka gas saat keluar tikungan tak ada kesan tenaga drop. Tendangan torsi seperti natural mengalir ke belakang roda yang digerakkan oleh CVT.
Tapi yang membuat penguji penasaran adalah sistem ABS (Anti-Lock Braking System), beruntung hujan selama dua hari di wilayah Bogor dan Jakarta. Sehingga mencoba ABS bisa lebih maksimal. NMAX di klaim menjadi produk skutik pertama di Asia yang menggunakan cakram belakang.
Penguji sengaja menekan tuas kiri lebih dalam saat jelang tikungan. Awalnya sangat mengejutkan ketika tuas seperti melawan tekanan jemari. Motor tetap bisa dikendalikan dan tak ada efek ban terkunci.
Oh iya, peranti ABS ini bukan diartikan membuat pengereman makin dekat. Tapi ABS ini membantu pengendalian motor ketika melakukan pengereman darurat agar ban tidak terkunci, sehingga motor bisa diarahkan dan dikendalikan dengan baik.
Yamaha memang andal dalam menyajikan chassis motor yang mantap menekuk tikungan. Frame baja tubular telah dirancang ergonominya. Hingga penggunaan velg 13 inci berlebar penampang 3 inci di depan dan 3,5 inci di belakang.
Redaman suspensi saat kecepatan tinggi memang cukup andal mengitari sirkuit Sentul. Sempat beberapa kali menginjak kerb tapi NMAX bisa diarahkan dengan baik. Disajikan dengan tinggi jarak pijak 135 mm, cukuplah menerabas jalanan rusak yang akrab ditemui di jalan raya.
Pemakaian ban terbilang tebal, bagian depan berukuran 110/70 dan ban belakang 130/70 dipasok oleh IRC. Dikabarkan produsen ban Pirelli dan Michelin akan menghadirkannya sebagai ban pilihan.
NMAX merupakan produk YIMM yang dipastikan menjadi komoditas global. Bahkan menyasar hingga Eropa. Tapi untuk pasar di luar Asia, NMAX akan disajikan hanya berkapasitas 125 cc. Tapi tetap dengan teknologi Bluecore dan sistem VVA. - -
Selanjutnya, Anda ingin membaca lebih lanjut tentang MOBIL atau lebih tentang MOTOR?
Suka Artikel ini? Ayo "Subscribe" berlangganan via Email atau Twitter untuk mendapatkan update-nya setiap harinya!
Follow us: twitter: @kikimiqbalsoft Suka Artikel ini? Ayo "Subscribe" berlangganan via Email atau Twitter untuk mendapatkan update-nya setiap harinya!
Post a Comment