0
Mobil Baru Suzuki - SX4 S-Cross (To Be Confirm) | Apakah ini benar sosok SX4 terbaru yang akan melanjutkan karir sebagai crossover Suzuki? Tampilannya jauh berbeda dibanding generasi SX4 yang terakhir beredar di Indonesia. Lebih besar, itu kesan pertama yang kami tangkap. Tentunya perubahan ini mengindikasikan ruang kabin yang lebih lapang.


Untuk pengendara, apresiasi lebih diberikan Suzuki dengan meninggikan posisi kursi sehingga visibilitas lebih matang ketika berkendara. Pada varian yang diedarkan di beberapa negara, SX4 tersedia dalam pilihan mesin diesel pula. Tak hanya itu, penggerak 4 roda pun tersedia. Bahkan fitur panoramic sunroof pun diberikan untuk trim termewah. Namun kami pesimis fitur-fitur tersebut akan dihadirkan di Indonesia menghitung harga jual yang terlampau mahal tentunya.

Perkara keamanan pun SX4 S-Cross berhasil menimbun banyak airbags di sekujur kabin. Tak heran jika kualifikasi NCAP bintang 5 berhasil diraihnya. Sebuah standar yang tak banyak dimiliki oleh mobil-mobil di kelasnya.



Ertiga Diesel (To Be Confirm) | Isu yang selalu kami kejar adalah Ertiga Diesel. Bagaimana tidak, sejak kehadirannya di pasar Compact MPV, Ertiga berhasil menggebrak hegemoni yang dikuasai oleh duet Astra Avanza-Xenia.


Tahun kemarin PT SIS terus mengusahakan kehadiran varian bermesin diesel ini. Bahkan PT SIS pun sempat mengaku pada Auto Bild tengah me­nguji kelayakan mesin ini untuk Ertiga. Perlu diketahui, mesin yang akan digunakan oleh Ertiga saat ini sudah digunakan oleh Chevrolet Spin Diesel.

Diprediksi desain Ertiga diesel tak akan berbeda dengan Ertiga berbahan bakar bensin. Prinsip seperti ini sudah digunakan Maruti-Suzuki sebagai APM Suzuki di India. Menggunakan basis bodi dan spesifikasi eksterior dan interior serupa, namun mesin yang berbeda merupakan strategi untuk menekan harga.

Berkapasitas 1.248 cc 4-silinder dengan teknologi diesel modern yakni Common Rail Direct Injection dikombinasikan dengan turbocharger, output tenaga dari mesin tanpa busi ini mencapai 90 dk dengan torsi 200 Nm. Kehadiran Ertiga bermesin diesel ini tentu akan mengubah peta pasar Compact MPV di Indonesia.

OUR OPINION:
Meski hingga saat ini pihak SIS masih belum bisa memastikan apakah Ertiga Diesel akan diproduksi masal. Namun keseriusan SIS dalam melakukan studi perlu diperhitungkan sebagai langkah menuju kepastian. Pasalnya mesin serupa sudah digunakan GM Indonesia pada Chevrolet Spin dan terbukti efisiensinya. Belum lagi brand image Suzuki Ertiga tentu menjanjikan pamor yang lebih tenar dibanding Chevrolet Spin.

 
 


























Celerio (To Be Confirm) | Di berbagai negara, antara lain Inggris dan India, Celerio diperkenalkan sebagai mobil dengan harga terjangkau dan hemat bahan bakar. Karenanya komposisi bodi serta fitur yang disematkan pun bukanlah high end. Namun lebih berorientasi pada penekanan harga produksi agar banderolnya terjangkau. Tengok saja desain eksteriornya yang sederhana namun tetap fungsional.Khas sebuah City Car.
Kabinnya tampak menjanjikan akomodasi yang cukup untuk keluarga kecil. Namun daya angkut bagasinya tak bisa diremehkan. Literasi dari Suzuki Inggris menyebutkan kapasitas bagasinya tanpa bangku kedua terlipat, ia mampu mengangkut 254 liter. Sedangkan dengan kondisi bangku kedua dilipat, ia mampu mengakomodasi hingga 726 liter.





Mesin yang digunakan pun terbilang mungil. Hanya 998 cc 3-silinder. Persis dengan yang digunakan Karimun Wagon R. Tentunya PT SIS patut mempertimbangkan hal ini demi menghadirkan kendaraan ramah lingkungan dan harga terjangkau tanpa perlu terikat beleid LCGC.

- -
Selanjutnya, klik baca lebih lanjut tentang MOBIL  juga klik baca lebih tentang MOTOR.
Suka Artikel ini? Ayo "Subscribe" berlangganan via Email atau twitter untuk mendapatkan update-nya setiap harinya! 
Be My Friends at FaceBook  Follow us twitter: @kikimiqbalsoft

Post a Comment

 
Top