0
Berita Otomotif - PT Pertamina (Persero) akan menghadirkan bensin jenis baru yakni Pertalite dengan RON 90 pada Mei 2015. Bagaimana tanggapan Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia terhadap Pertalite?.


"Kalau buat kami jelas, mobil-mobil Mazda itu minimal menggunakan bensin RON 91," ujar Product Planning Expert PT Mazda Motor Indonesia (MMI) Bonar Pakpahan saat dihubungi Auto Bild via telepon (17/4).

Bonar menambahkan, "Selama ini konsumen Mazda sudah sangat well educated untuk menggunakan Pertamax RON 92 ataupun produk Shell, dan Total dengan kadar RON yang sama atau di atasnya."

Hal senada juga disampaikan Toyota. "Kita sebagai APM Toyota tetap memberikan rekomendasi untuk menggunakan bahan bakar dengan RON 92 atau di atasnya, karena dengan oktan number yang lebih tinggi konsumen akan bisa merasakan manfaat baik dari performa dan umur mesin yang lebih baik," terang Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Rouli Sijabat kepada Auto Bild (21/4).

Buat informasi, mobil tidak boleh memakai bahan bakar dengan angka oktan lebih rendah dari rekomendasi pabrik. Dengan angka oktan yang lebih rendah membuat pembakaran tidak optimal. Tenaga mesin akan berkurang begitu juga dengan efisiensi bahan bakar.

Untuk mengetahui kebutuhan oktan buat mobil Anda silakan lihat buku manual. Di sana tertera oktan minimal yang bisa dikonsumsi oleh mobil Anda. Oh ya, angka oktan minimal ini berbeda-beda di setiap mobil, ada yang 91, 92, dan bahkan 95 sampai 98.

Pertalite yang rencananya dirilis pada Mei 2015 ini akan melengkapi lini produk PT Pertamina (Persero) di Indonesia. Harga Pertalite sendiri diperkirakan akan diposisikan antara harga Premium dan Pertamax, yakni Rp 8.000-8.300. - -

Selanjutnya, klik baca lebih lanjut tentang MOBIL  juga klik baca lebih tentang MOTOR.
Suka Artikel ini? Ayo "Subscribe" berlangganan via Email atau twitter untuk mendapatkan update-nya setiap harinya! 
Be My Friends at FaceBook  Follow us twitter: @kikimiqbalsoft

Post a Comment

 
Top