0
Tidak seperti pasar lainnya, seperti Jepang dan Amerika, penjualan mobil di Eropa masih berada di level krisis. Angka penjualan pun bisa saja. adalah Penjualan mobil di Eropa krisis pasar

Penjualan mobil di Eropa seperti dilansir Reuters, pada hari Kamis (2/10/2014) masih 20 persen di bawah angka penjualan pada tahun 2007 yang merupakan tahun keemasan industri otomotif Eropa.

Paris - Pekan ini, bos-bos pabrikan besar Eropa berkumpul di Paris Motor Show seiring dengan dimulainya Paris Motor Show Kamis 2 Oktober ini. Kepala boleh beda, tetapi dalam benak para bos itu mereka memiliki kekhawatiran yang sama.

Pabrikan pun berupaya menstimulasi pasar dengan memunculkan berbagai mobil-mobil kecil yang ramah lingkungan dan SUV berukuran kompak.

Namun tetap saja, masalah pemulihan pasar yang sudah terjerembab selama 6 tahun terakhir ini masih sulit. Apalagi dengan tambahan fakta kalau permintaan di China tidak seheboh sebelumnya, penjualan mobil di Rusia turun drastis gara-gara krisis Ukraina, dan penjualan di negara lain mengalami penurunan tajam.

"Beberapa pabrik sudah ditutup, jumlah tenaga kerja tetap tinggi dan dana riset dan pengembangan tetap besar untuk memastikan produk-produk di masa depan," ujar analis Bernstein Max Warburton.

Pada akhir dekade ini, permintaan mobil di Eropa diprediksi masih kurang sejuta dari angka tahun 2008. "Pemulihan ini masih memiliki fondasi yang goyah," ujar analis IHS Ian Fletcher.

Pabrikan yang terlalu optimistis mengenai prospek tahun ini, malah harus dipaksa untuk mundur. Ford yang memamerkan minivan S-Max terbaru di Paris, akan berhenti memproduksi Fiesta di Jerman selama 11 hari dari Oktober sampai November,

Produksi PSA Peugeot Citroen juga sudah melebihi penjualan. Memaksa mereka untuk menunda perakitan 208 dan C3 selama 2 minggu. Mereka pun harus mengurangi 300 pekerja di pabrik Prancis.

Penjualan mobil Rusia telah menurun 26 persen pada Agustus akibat anjloknya nilai mata uang sebagai sanksi dari Amerika Serikat dan Eropa terkait intervensi militer Moskow di Ukraina.

Namun meski prospek terasa gelap, industri mobil di Eropa diprediksi akan benar-benar pulih suatu saat, dengan melihat data rata-rata umur mobil di Eropa sudah mencapai 9 tahun. Jika sebelum krisis rata-rata umur kendaraan di sana mencapai 7,9 tahun.

"Kemungkinan ada beberapa hal yang menghambat pertumbuhan permintaan di Eropa. Ada tren kenaikan yang jelas di Eropa jika saja ada pemulihan yang tepat," ujar Warburton. - http://iqballez.blogspot.com/ - Iqballez -

Post a Comment

 
Top