0
Iqballez  Bedah Toyota RAV4 yang akan Dipasarkan di Indonesia | Pasar Medium SUV terus berkembang. Bahkan, hampir seluruh merek yang beredar di sini telah memiliki produk andalan di sektor gemuk tersebut. Meski ‘terlambat’, akhir­nya Toyota memiliki dan memajang Toyota RAV4 di IIMS 2014. Dengan catatan, unit yang dipajang belum mewakili unit sesungguhnya yang sepertinya akan launching tahun depan.


Postur tubuh kompak langsung terdeteksi. Namun desainnya yang modern dan dinamis akan membuat Anda melu­pakan postur tubuhnya. Bumper menyiku tajam merupakan trademark Toyota. Kian gagah dengan lip spoiler hitam beraksen krom di beberapa sudut. Desain lampu apik menambah pesona RAV4.

Lekukan lampu bela­kang ekstrem dan membentuk garis bahu yang kokoh membuatnya tampil penuh percaya diri. Aplikasi roof spoiler membuatnya semakin modern. Garis bodi minimalis tidak membuatnya terlihat datar. Sebagai bonus, terdapat fitur pintu bagasi yang akan terbuka otomatis saat hendel di balik logo Toyota ditekan.

Masuk ke dalam, nuan­sa mewah kental terasa berkat aplikasi jok kulit hitam dan pengatur jok elektrik di sopir. Posisi duduk terbaik mudah didapat dan setir terasa pas ketika digenggam. Panel instrumen terlihat biasa saja. Tapi moni­tor besar di tengah dasbor cukup meng­goda pandangan. Termasuk aksen panel karbon di konsol tengah.

Ternyata menu yang ditampilkan monitor ter­sebut senada milik Vios dan Yaris terbaru. Dengan gadget-style membuatnya memiliki segudang fitur hiburan. Di bawahnya terdapat tombol untuk AC climate control. Lekukan ke atas di area ini bukanlah selera semua orang. Apalagi desainnya membuat beberapa tombol di bawahnya jadi susah dilihat dan dijangkau.

Bangku belakang 60:40 cukup memadai. Asyiknya, sandaran bangku dapat direbahkan cukup jauh sehingga penumpang bisa memperoleh posisi duduk paling rileks. Hal itu tidak sampai mengurangi volume bagasi yang cukup lega. Bumper yang tidak menghalangi akses masuk bagasi dan cover menambah nilai fungsional bagasi.

RAV4 menggunakan mesin yang sama dengan milik Corolla Altis. Unit 1.986 cc 4-silinder Dual-VVTi mampu menghasilkan tenaga 151 dk di 6.200 rpm dan torsi 196 Nm di 4.000 rpm. Tadinya kami berharap ia menggunakan transmisi CVT sama dengan Corolla Altis. Tapi ternyata RAV4 masih akan mengandalkan transmisi otomatis 6-speed.

Kami melihat, upaya Toyota untuk memasukkan RAV4 layak dicermati. Memang cukup terlambat ketimbang rivalnya yang lain. Tapi melihat nama besar Toyota, rasanya RAV4 akan menjadi petarung tangguh.

Masalahnya, belum ada basis produksi RAV4 di ASEAN. Paling dekat adalah Australia. Atau langsung dari Jepang seperti halnya Mazda CX-5. Tentu dengan konsekuensi harga yang tidak mungkin ‘murah’. Mari kita tunggu seperti apa versi Indonesia nantinya


Rival
Mazda CX-5 2.0L Sport A/T

Mesin: 1.997 cc 4-silinder, 155 dk
0-100 km/jam: 10,0 detik
Harga: Rp 397 juta

+: Mesin SKYACTIV, fitur berlimpah, handling
-: Bantingan suspensi, bangku tegak tidak bisa rebah, audio

First Opinion
Mampukah RAV4 sebagai pendatang baru mengimbangi pemain kuat Honda CR-V dan Nissan X-Trail. Secara basis konsumen loyal dan nama besar, harusnya RAV4 bisa bersaing. Pun dengan impresi produk yang cukup menjanjikan. Kalau harganya pas, ia akan bertarung dengan kekuatan penuh kelak.

Sekilas Pandang
- Tahun depan akan dipasarkan resmi

. - - -
Selanjutnya, Anda ingin membaca lebih lanjut tentang MOBIL  atau lebih tentang MOTOR?
Suka Artikel ini? Ayo "Subscribe" berlangganan via Email atau Twitter untuk mendapatkan update-nya setiap harinya!
Follow us: twitter: @kikimiqbalsoft







TAGS: automotive, bus, cara, daihatsu, direktori, drag, drag bike, drag race, drift, f1, formula 1, forum, gokart, hatchback, honda, iklan baris, indoprix, iqballez, jeep, jip, kawasaki, klub, komunitas, lcgc, mitsubishi, mobil baru, mobil bekas, mobil murah, modifikasi, motogp, motor baru, motor bekas, motorcross, mpv, nissan, otomotif, otomotifnet, otoshop, otosport, ototest, rally, road race, sedan, slalom, supersport, suv, suzuki, tips mobil, tips motor, toyota, truck, wrc, wsbk, wss, yamaha,

Post a Comment

 
Top