0
Berita Modifikasi Audio - Beberapa APM juga turut berlomba menjadi pemain. Sebut saja Honda Brio Satya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R ataupun Datsun GO. Mobil-mobil itu terbagi atas beberapa varian dan kelengkapan standar masing-masing termasuk sisten audionya. Nah, bicara sistem audio, hampir semua hanya memberikan perangkat dengan kualitas tata suara yang biasa saja. Tentu hal ini dilakukan untuk menekan harga jual.






Pada Honda Brio Satya A rinciannya ialah single DIN (CD, MP3/MMA, FM Radio), USB port. Di tipe tengah Karimun Wagon R GL audionya juga didukung single DIN (CD/MP3, FM Radio) dan Aux-in.

Sama halnya dengan Toyota Agya E yang dilengkapi single DIN terintegrasi CD/MP3/USB/Aux, dan FM Radio. Mirip dengan spesifikasi audio Daihatsu Ayla M yang memiliki perangkat audio single DIN terintegrasi CD/MP3/USB/Aux, FM Radio.

Sementara Datsun GO tipe T menyediakan perangkat audio single DIN dengan FM Radio saja plus USB port. Kelima mobil rata-rata hanya dibekali 2 speaker di depan. Lantas bagaimana upaya untuk memaksimalkan kualitas suaranya?
Ruang bagasi belakang sempit, mempersulit penempatan subwoofer Kualitas material interior cenderung tipis Ruang di bawah jok depan masih memungkinkan ditempatkan power amplifier
Beberapa workshop audio, rupanya cukup jeli memantau hal ini. Mereka pun menawarkan tambahan 3 komponen untuk meningkatkan kualitas suara sistem audio seperti speaker, power amplifier, dan subwoofer.

“Kami menyediakan paket upgrade audio termasuk untuk low cost car. Paket ini berisi produk Intersys mulai dari sepasang speaker split (mid range 6 inci dan tweeter 2 inci), satu power amplifier 4 channel, dan satu subwoofer 12 inci. Harga paket itu Rp 2 juta sudah termasuk biaya pemasangan,” ujar Yosef dari Twins Car Audio yang bermarkas di Lantai 6 Mall Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat. Dengan melakukan upgrade itu, kualitas suara sistem audio sudah lebih dari memadai.

Jangan khawatir kehabisan ruang di kabin. Ketiga perangkat tambahan ini tidak memakan ruang berlebih kecuali subwoofer. Hal itu pun masih bisa disiasati.

“Kalau tak mau pakai subwoofer, speaker depan bisa diganti yang lebih baik. Bisa pakai merek VOX atau Gramond,” saran Hengky Dharmawan, punggawa Optimus Autosound di bilangan Cibubur. Biasanya menggunakan speaker dengan diameter lebih besar.

Tantangan lain untuk meningkatkan kualitas suara di kabin low cost car juga berkaitan dengan struktur interior keseluruhan. “Ambil contoh Datsun GO, dengan material interior yang tipis membuat suara dari luar jadi gampang masuk ke kabin,” tambah Hengky.
Paket audio Rp 2 juta Head unit standar sebaiknya diganti  
Upaya untuk menyiasatinya adalah dengan memasang peredam kabin. Penempatanya di tiap pintu, baik di depan dan belakang, ditambahkan peredam 2,5 lembar per pintu dengan biaya tidak lebih dari Rp 400 ribu.

Perubahan itu sejatinya belum termasuk pergantian komponen head unit. Padahal, saat ini sudah banyak perangkat head unit berkualitas dengan harga relatif terjangkau. Contohnya, single DIN Pioneer tipe X1750UD yang kini harganya Rp 950 ribu.
Opsi Tambahan
1. Ganti head unit single DIN Pioneer X1750UD : Rp 950 ribu.

2. Pasang peredam kabin 2,5 lembar per pintu @Rp 100 ribu. Total Rp 100 ribu x 4 = Rp 400 ribu

3. Kabel plus boks kabel : Rp 700 ribu

Twins Car Audio
Mal Mega Glodok Kemayoran, Lantai 6 Blok D8 No. 1, Jakarta Utara. Telepon (021) 70237922.

Optimus Car Audio
Jl Raya Alternatif Cibubur, Jakarta Timur. Telepon 081905622352
- -
Selanjutnya, Anda ingin membaca lebih lanjut tentang MOBIL  atau lebih tentang MOTOR?
Suka Artikel ini? Ayo "Subscribe" berlangganan via Email atau Twitter untuk mendapatkan update-nya setiap harinya!
Follow us: twitter: @kikimiqbalsoft







TAGS: automotive, bus, cara, daihatsu, direktori, drag, drag bike, drag race, drift, f1, formula 1, forum, gokart, hatchback, honda, iklan baris, indoprix, iqballez, jeep, jip, kawasaki, klub, komunitas, lcgc, mitsubishi, mobil baru, mobil bekas, mobil murah, modifikasi, motogp, motor baru, motor bekas, motorcross, mpv, nissan, otomotif, otomotifnet, otoshop, otosport, ototest, rally, road race, sedan, slalom, supersport, suv, suzuki, tips mobil, tips motor, toyota, truck, wrc, wsbk, wss, yamaha,

Post a Comment

 
Top