0
Mobil-Motor Otomotif Bukan berarti mobil-mobil eksotis harus mempunyai desain yg gahar & tenaga yg ganas. Salah salah-satu bukti adalah Daihatsu Copen yang diproduksi masal sebagai roadster mungil (sekelas city car) yang mempunyai keunikan tersendiri. Small but beautiful, impresi yang dirasakan saat men-test Daihatsu Copen di Exotic Cars 2015.

mesi pun bodinya tergolong mini, namun di acara Exotic Cars 2015 ini si Copen tampil sangat memikat. diluar dari bodinya mungil, pipih juga ceper, Copen diberi kelir two tone hitam dan merah, hal ini mampu menambah kesan stylish. tengok saja dimensinya cuma punya panjang 3.395 mm, lebar 1.470 mm dan tinggi 1.280 mm.

kalo nengok ke kabin, pabrikan Daihatsu berusaha untuk memberikan desain interior yang sporty. Sebut saja 2 bucket seat yang siap menjaga gerakan tubuh ketika bermanuver, kemudi setir tebal, panel instrumen atraktif dan permukaan dasbor landai. Namun memang bagi pengendara dan penumpang berbadan besar, duduk di kabin Copen tentu akan merasa terlalu berdekatan akibat dimensi yang terbatas.


Daya tarik kuat lainnya dari Copen ada pada desain cabriolet. Hingga siapa pun yang mengetahuinya ingin membuatnya tampil topless. Tak heran ketika melakukan taxi ride untuk pembaca Auto Bild dan komunitas, semua mata pengendara lain tertuju pada Copen.


Untuk membuka atap lipat itu, Anda harus lebih dulu membuka dua pengait yang ada di tiap sisi di samping pilar A. Setelah itu baru Anda biarkan motor listrik yang bekerja untuk melipat atap masuk ke bagasi via sebuah tombol di konsol tengah. Waktu yang dibutuhkan melipat atap ini sekitar 20 detik, sama seperti Ferrari California T.

Karena Copen menunjang unsur keselamatan yang tinggi, tersedia banyak sensor sebagai penjaga. Salah satu contoh, atap tidak akan terbuka jika pintu dalam keadaan terbuka dan mobil harus dalam keadaan berhenti.

Sedikit menjadi catatan, Copen memang memiliki bagasi yang sangat luas. Ternyata bagasi yang luas itu ialah tempat penyimpanan atap milik Copen. Jika atap dibuka, alhasil pengendara tidak bisa menyematkan barang bawaan di dalam bagasi.

Tidak hanya dimensi, Copen pun memiliki mesin kecil. Ia hanya dibekali mesin berkapasitas 658 cc dengan turbo intercooler yang menhadirkan tenaga 64 dk dan torsi 92 Nm pada putaran 3.200 rpm. Tak heran dengan dimensi dan mesin yang kecil, Copen hanya memiliki bobot 870 kg.
Jangan kaget jika roadster ini hanya mencatat waktu akselerasi 0-100 km/jam selama 14,5 detik. Meski dengan waktu yang cukup lama, Copen juga bisa berlari hingga 140 km/jam seperti yang tertera pada spidometer.

Kendati demikian yang membanggakan dari Copen, ialah sistem pengolahan bahan bakar. Dengan mesin yang kecil dan transmisi otomatis CVT, saat pengetesan reguler Copen mampu mencatat konsumsi BBM dalam kota 19,6 km/l dan tol 24,2 km/l.


Daihatsu Copen How Fun?
Dimensi mungil dan suspensi yang cukup keras membuatnya sangat lincah menjelajahi lalu lintas ibu kota. Faktor pengendalian dan kemudi cukup tajam, mampu meningkatkan unsur fun to drive. Di lain sisi, dengan adanya indikator ECO memungkinkan pengendara untuk mencatat konsumsi BBM terbaik.

Daihatsu Copen How Attractive?
Dengan atap terbuka jelas membuat siapa pun yang ada di jalan memandanginya. Desainnya yang stylish, Copen begitu mudah menjadi pusat perhatian, meski di balik kap mesin hanya tersimpan mesin berkapasitas kecil.

Daihatsu Copen How Expensive?
Daihatsu Copen CVT dibandrol Rp 431,55 juta, memang harga yang ditawarkan sekilas cukup mahal. Tetapi jangan salah coba aja dibandingkan dengan mobil roadster yang ada di pasar saat ini, si Copen adalah roadster yang termurah.
-
Next, Would you like to read more about CAR or more about the MOTORCYCLE?

Post a Comment

 
Top