1
Mobil-KIA Otomotif Review / ulasan / test drive Kia Sportage CRDi - PT. Kia Mobil Indonesia (KMI) secara resmi memperkenalkan varian SUV Kia Sportage bermesin diesel pada ajang Indonesia International Motor Show 2015 lalu. Kehadiran varian Sportage bermesin diesel menjadi angin segar di segmen ini, karena menjadi pioneer di kelasnya. Karakteristik mesin diesel dengan torsi yang berlimpah dan konsumsi bahan-bakar yang efisien menjanjikan keunggulan di banding rival-rivalnya. Sayangnya, Kia hanya menyediakan 20 unit Sportage bermesin diesel di Tanah Air.
Kia Sportage

Dari segi tampilan eksterior, Sportage mengadopsi grille “tiger nose” yang terintegrasi dengan headlamp berisikan lampu LED dengan paduan DRL. Grille diesel ini memiliki sedikit perbedaan karena menggunakan lubang berbentuk sarang tawon, sementara grille tipe bensin punya lubang angin persegi panjang. Bagian buritan mengadopsi lampu kombinasi yang modern.

Di dalam kabin, yang langsung terlihat berbeda adalah head unit terintegrasi dengan layar monokrom. Padahal di versi bensin (Platinum) sudah menggunakan layar monitor. Selain itu, ternyata kontrol AC masih manual padahal di varian bensin sudah menganut teknologi climate control. Jika pada versi bensin jok telah dilengkapi dengan bahan kulit, pada Sportage diesel masih berbahan fabric. Selebihnya tidak ada perbedaan. Kontrol audio turut menghiasi lingkar kemudi dan atap panoramic yang menambah kesan lapang. Sayangnya menurut Kia, Sportage yang dijual di Tanah Air tidak memiliki atap panoramic.
Kia Sportage
Sportage diesel memiliki dimensi yang identik dengan varian bermesin bensin dengan panjang 4.440 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.645 mm. Dengan jarak sumbu 2.645 mm, jarak pijak depan 1.597 mm dan jarak pijak belakang 1.598 mm. Radius putar yang dimiliki sebesar 5.29 meter.

New Sportage Diesel ini mengadopsi mesin diesel CRDi (Common Rail Direct Injection) generasi ketiga berteknologi VGT (Variable Geometry Turbocharger) yang dapat menghasilkan tenaga 177 hp pada 4.000 rpm dengan torsi maksimal 294 Nm pada 1.800-2.500 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan kepada roda melalui transmisi otomatis 6-speed. Perpaduan rasio gear yang dimiliki dapat membawa Sportage ini mencapai kecepatan 80 kpj hanya dengan putaran mesin sekitar 1.500 rpm saat berada di gear enam.
Kia Sportage
Meskipun menggunakan mesin diesel, saat dinyalakan suara mesinnya terbilang tenang. Mesin khas diesel baru terdengar jika Anda menginjak pedal gas dalam-dalam untuk menaikkan putaran mesin. Berkat penggunaan VGT, dorongan mesin sudah terasa agresif dari putaran bawah. Akselerasi yang ditawarkan terbilang mengesankan, jika ingin menikmati mobil secara keseluruhan Anda bisa menggunakan perpindahan manual melalui sequential 6-speed pada tuas transmisi.

Sportage memberikan posisi duduk yang nyaman berkat pengaturan berbagai arah pada kursinya, sayangnya lingkar kemudi hanya mengadopsi pengaturan tilt tanpa teleskopik. Kia menggunakan teknologi MDPS (Motor Driven Power Steering), sistem ini menyesuaikan bobot sesuai dengan kecepatan. Saat kecepatan rendah, lingkar kemudi terasa ringan untuk mempermudah parkir maupun bermanuver kecepatan. Saat Anda menambah kecepatan, lingkar kemudi menambah bobotnya. Hanya saja, tetap terasa ringan bagi saya meski di kecepatan tinggi.

Duduk di belakang terasa cukup memadai untuk diisi oleh tiga orang. Untuk menambah kenyamanan, bangku dapat diatur dengan dua tingkat pengaturan kemiringan. Untuk menambah sisi kepraktisan, kursi belakang dapat dilipat dengan kombinasi 60:40. Sehingga Anda dapat membawa barang yang cukup besar tanpa perlu melipat seluruh kursi belakang.
Kia Sportage

Sportage mengadopsi suspensi independen McPherson Strut di bagian depan dan Multi Link dengan Coil Spring pada bagian belakang. Kedua suspensi tersebut berpasangan dengan velg  alloy 17 inci dengan ban berukuran 225/60 R17. Kombinasi tersebut mampu meredam jalanan rusak dengan cukup baik meski masih sedikit terasa keras, tanpa memberikan gejala limbung saat berkendara kencang di jalan bebas hambatan.

Dari segi keselamatan, Sportage dilengkapi dengan dual airbag, back sensor, sabuk pengaman tiga titik pada bangku depan maupun belakang, dan sistem ABS serta EBD pada cakram roda depan maupun belakang. Sangat disayangkan harga jual menjadi kelemahan terbesar pada Sportage diesel ini. Namun jika Anda menginginkan sebuah SUV medium yang bertenaga namun tetap irit bahan bakar, Sportage diesel ini patut menjadi pilihan. 
-
Next, Would you like to read more about Sportage or more about the KIA?

Post a Comment

  1. judi sabung ayam Terbesar & Terpercaya Indonesia !
    Bonus Deposit Pertama 10% / Cashback 5% - 10%
    Minimal Deposit IDR 50.000,- Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita88.com
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995
    Telegram : @bolavitacc

    ReplyDelete

 
Top