0
Berita OtomotifToyota All New Kijang Innova dibangung di atas platform yang sama sekali baru, hal ini terlihat dari desain dan performanya yang jauh meninggalkan karakter generasi sebelumnya. Kijang Innova terbaru mengalami lompatan di berbagai aspek, salah satunya ada pada mesinnya. Contohnya, sekarang Toyota Kijang Innova pakai mesin diesel baru. Klaimnya lebih irit dan bertenaga.

Seperti generasi sebelumnya, mesin Toyota Kijang Innova tersedia dalam dua pilihan mesin. Tiap pilihan mesin, tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan. Artinya, secara keseluruhan All New Kijang Innova tersedia dalam 12 varian.

Untuk tipe bensin, mesin yang diusung Kijang Innova ini digadang-gadang punya teknologi seperti kebanyakan sedan Toyota terbaru. Mesin berkode 1TR-FE yang berkapasitas 1.998 cc miliknya punya tenaga maksimal sebesar 140 dk dan torsi 190 Nm. Secara nomenklatur sama dengan yang lama.

Di atas kertas, tenaganya naik sekitar 3 dk dibanding Kijang Innova generasi lawas. Namun efisiensi All New Kijang Innova dipercaya akan meningkat, berkat penerapan teknologi dual VVT-i.

Sementara itu untuk tipe diesel, menggunakan mesin berkode 2GD-FTV yang berkapasitas 2.393 cc dengan tenaga 150 dk dan torsi puncak 360 Nm pada 1.200-2.600 rpm. Sedangkan untuk yang bertransmisi manual, torsinya berkurang sedikit di angka 342 Nm pada 1.200-2.800 rpm.

Tenaga sebesar ini tak lepas berkat penggunaan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) serta Intercooler yang juga digunakan oleh Toyota Hilux terbaru. Meski mengalami penurunan kapasitas mesin (kurang lebih sekitar 100 cc pada tipe diesel) dibanding generasi lawas, tak membuat All New Kijang Innova mengalami penurunan tenaga.

Performanya saat ini malah mengalami lonjakan yang sangat signifikan. Padahal dulu tenaganya 102 dk dan torsinya hanya 260 Nm. Tak heran, figur ini membuat All New Kijang Innova menjadi Kijang paling bertenaga di sepanjang sejarahnya. - -
Selanjutnya, klik baca lebih lanjut tentang MOBIL  juga klik baca lebih tentang MOTOR.
Suka Artikel ini? Ayo "Subscribe" berlangganan via Email atau twitter untuk mendapatkan update-nya setiap harinya! 

Post a Comment

 
Top